Sejarah KSR PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) adalah salah satu organisasi mahasiswa yang ada diperguruan tinggi sebagai organisasi relawan Palang Mareh yang mengedepankan kemanusian, KSR- PMI  merupakan wadah persiapan tenaga Kepalang Merahan yang selalu berada dalam kesiagaan dengan rasa senang, tulus dan ikhlas di setiap saat untuk menberikan bantuan sesama sesuain dengan kemampuan.
Logo atau Lambang Korp Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit 04 Universitas Malikussaleh
Relawan KSR-PMI Unit 04 Unimal juga terus berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sebagai pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi tanpa mengharapkan imbalan dan pamrih.

Sementara itu, KRS-PMI diperguruan Tinggi juga di tuntut harus dapat Mengaktualisasikan kinerjanya secara profesional sebagai modal dasar untuk mengantisipasi gejala keretakan pada dimensi kemanusiaan yang telah banyak menimbulkan masalah dan korban.

Dalam menyikapi masalah ini, relawan KSR-PMI Perguruan Tinggi khususnya di NAD bahkan umumnya di seluruh Indonesia, harus dapat menyatukan Visi dan Misinya dalam mempertegas komitmennya sebagai organisasi non Pemerintah yang dituntut untuk tetap mempertahankan prinsip Independensi demi kemanusiaan.

Peranan penting yang harus dipegang KSR-PMI Se-Indonesia, membuat posisi anggotanya professional menjalankan tugas kemanusiaan. Tugas KSR-PMI Perguruan Tinggi bukan hanya pada penyelenggaraan Donor Darah, evakuasi, pelatihan, Lomba PMR dan kegiatan yang bersifat seremonial, namun lebih jauh orentasinya yaitu mempersiapkan diri secara matang dalam membantu masyarakat menghadapi situasi bencana, baik pengungsi, korban kerusuhan dan bencana alam yang banyak memakan korban.

Oleh sebab itu khususnya KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh, yang didirikan sesuai dengan SK Rektor Universitas Malikussaleh No : 22/UM.H/Z/KEP/2000, pada tanggal 17 Mei 2000, sejak awalnya didirikan merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk mempersiapkan tenaga sukarelawan yang terampil handal, propesional dalam karya bakti dan prestasi.

Relawan KSR-PMI Unit 04 Unimal Evakuasi Korban Tsunami.
Bertambahnya usia KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh ini, berbagai tugas berat terus diemban mulai dari masa Konflik, Bencana Tsunami dan Banjir yang melanda Aceh. Akibatnya, relawan ini terus dituntut siaga dalam kondisi apapun. Terkait hal tersebut diatas, nilai Independensi kita terus dikuatkan, demi tugas kemanusiaan.

Pertolongan yang diberikan oleh KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh, pada situasi konflik dan bencana lainnya khususnya di NAD, bukan untuk kepentingan kelompok atau kepentingan golongan tertentu, akan tetapi didasari atas Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International dalam mengemban tugas kemanusiaan.

Walaupun KSR-PMI Unit 04 belum mampu memberiakan yang terbaik dan maksimal terhadap pelayanaan dan pertolongan kepada masyarakat, akan tetapi kontrbusi KSR Unimal telah begitu banyak menunjang terciptanya Iklim Kondusif dalam masyarakat. Dimana saat ini kondisi NAD, yang belum bangkit stabil dari musibah Tsunamai  yang merenggut ratusan ribu manusia dan kerugian material lainnya, kembali lagi banjir melanda beberapa Kecamatan dan Kabupaten di Aceh dan KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh telah berdiri sebagai sukarelawan garis depan untuk membantu masyarakat dalam penanganannya, seperti Evakuasi korban yang terjebak banjir ketempat pengungsian, membantu konsumsi serta air bersih bagi pengungsi dan juga melakukan pengawasan kesehatan terhadap pengungsi.

Kegiatan sosial ini terus dilakukan relawan kemanusian dari KSR-PMI Unit 04 Universitas Malikussaleh, baik bekerja sama dengan PMI CABANG ACEH UTARA maupun relawan dari luar Aceh. 

Relawan KSR-PMI Unit 04 Unimal Evakuasi Koban Gempa Pijay.
Terkait sarana dan prasarana yang serba kekurangan dilapangan, memang sangatlah sering dialami para relawan yang sedang melaksanakan tugas kemanusiaan, bahkan sama sekali tidak membuat mereka gentar dalam menjalakan 7 prinsip Palang Merah. Akan tetapi, relawan KSR-PMI Unit 04 Unimal selalu mengahrapkan dan menjunjung tinggi donator-donatur yang siap bekerja sama dalam menjalankan misi kemanusian, baik bantuan logistik maupun operasional lapangan.

Demikian sejarah singkat terbentuknya KSR-PMI Unit 04 Unimal, semoga dapat menjadi satu pedoman sejarah pengabdiannya sebagai relawan kemanusiaan. Kesalahan dan kekurangannya sangat diharapkan koreksi dari senior. Terimakasih.

Related

Seputar Relawan 1131553806245830729

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Recent Posts Widget

Comments

Side Ads

LIKE US

Footer Ads

RICENT POST

Recent Posts Widget
item